Ads 468x60px

Labels

Sample text

Sample Text

Selasa, 08 April 2014

PANTAI SOLOP

Panorama indah pantai di Riau tidak hanya terdapat di Kabupaten Bengkalis saja, akan tetapi di Kabupaten Indragiri Hilir (INHIL) yang terkenal dengan “Pulau seribu parit” nya itu juga terdapat pantai pasir putih yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu Pantai Solop. Pantai solop ini tepatnya berada di Pulau Caawan Kecamatan Mandah INHIL.
            Jika pantai pasir putih yang berada di daerah lain adalah pasir yang berupa batu-batuan, berbeda dengan pantai yang berpasir putih satu ini, karena pasir putih dipantai solop merupakan pasir dari hasil fosil hewan laut seperti kerang-kerangan, siput dan sejenisnya yang dikenal dengan nama pasir sersah. Melalui proses yang panjang dan diakibatkan dari hempasan gelombang pasang membuat pasir sersah tersebut terhampar disepanjang pantai solop sehingga pantai ini begitu indah dan memiliki keunikan tersendiri yang tidak didapat dipantai pantai yang ada didaerah lainnya.
            Pantai solop ini merupakan salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi, khususnya pada saat hari raya idul fitri dan idul adha. Pemerintah di Indra giri Hilir ini menjadikan pantai ini sebagai obyek wisata unggulan “DONDANG TANDAK”.
Tempat menarik Lainnya
            Selain menikmati keindahan pasir putih yang unik di Pantai solop, Anda juga dapat menikmati keindahan hutan mangrove yang tidak tertandingi yang mengelilingi pantai solop ini. Selain itu pantai solop dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di seberangnya, salah satunya adalah pulau sangkar ayam yang terkenal dengan cerita rakyatnya, yaitu kisah Intan suri dan Bujang Kelana, serta kekejaman Pendekar Katung.
Bagaimana Menuju Lokasi
            Pantai solop  dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi sungai dan laut, karena pantai solop terletak dipantai bagian timur pulau sumatra yang merupakan alur transportasi utama yang menghubungkan kota Tembilahan (ibu kota kabupaten Indragiri Hilir) dengan kota kota yang ada di di Provinsi Kepulauan Riau seperti Tanjung balai karimun, Tanjung batu, Batam dan Tanjung Pinang bahkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.
            Sedangkan dari Pekanbaru Anda dapat menggunakan mobil angkutan umum menuju ke Tembilahan, perjalanan dari Pekanbaru ke Tembilahan ini sektar 6-7 jam. Dari Tembilahan untuk menuju ke Pantai solop ini Anda menggunakan speed boat dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates